Cetak Full Colour Mesin Offset Toko CUKUP 2x CUCI


Berbicara tentang cetakan full colour, mesin dobel folio atau mesin-mesin besar, seperti Ryobi, Komori Sprint, Heidelberg, dan lain-lain adalah jagoannya. Apalagi mesin cetak yang all colour, artinya adalah mesin yang mempunyai 4 silinder untuk memunculkan empat warna (CMYK) sekaligus, sekali jalan langsung keluar full colour.

Namun apakah mesin-mesin kecil - seperti mesin offset toko - bisa cetak full colour? jawabnya sangat bisa, tergantung operator dan settingan dari mesin offset itu sendiri. Yang perlu diperhatikan dalam cetak full colour menggunakan mesin offset toko adalah, pergerakan kertas dariawal sampai akhir tidak goyang. Untuk lebih jelasnya akan saya bahas pada postingan selanjutnya.

Sekarang kita akan fokus pada urutan warna untuk cetak full colour di mesin offset toko. Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam cetak full colour, apakah harus Cyan dulu, Magenta, Yellow atau justru Black yang pertama kali naik. Intinya adalah asalkan jangan Yellow terlebih dahulu, karena - bagi saya - akan sulit menemukan garis panduan/unleg bila Yellow diletakkan pada urutan pertama, mengingat Yellow ada warna yang terang.

Kita bisa memilih salah satu dari tiga warna selain Yellow, Yaitu Cyan, Magenta, atau black. Namun terkadang bahkan bisa dibilang banyak operator yang malas untuk mencuci mesin, termasuk saya hehehe. Maka disini ada tips sederhana, agar ketika kita cetak full colour tidak perlu sering-sering mencuci mesin. Caranya adalah :

Dalam keadaan mesin bersih (tidak ada tinta). Gunakan warna Cyan atau Magenta menjadi urutan pertama dalam cetak full colour. Kemudian setelah selesai, cuci mesin dan ganti warna kedua salah satu dari Cyan dan Magenta tersebut (Bila pertama Cyan yang kedua Magenta, dan bila yang pertama Magenta tentu yang kedua adalah Cyan).

Kemudian, untuk warna ketiga adalah Black, kenapa pilih Black? karena black adalah warna yang paling gelap diantara keempat warna tersebut. Jadi, ketika hendak cetak untuk warna ketiga, maka kita tidak perlu mencuci bersih dari sisa warna kedua, baik Magenta atau Cyan. Cukup kuras bak tinta dan kucurkan sedikit minyak tanah diatas roll, lalu letakkan kertas pada penjepit silinder blengket, jalankan sebentar dan selesai, tanpa harus mencuci sampai benar-benar bersih, cukup sisa tinta kedua sudah berkurang. Kemudian isi dengan tinta Black.

Dan yang terakhir adalah cuci mesin hingga bersih, kemudian ganti warna Yellow. Dengan demikian, maka kita bisa menghemat dan mengurangi rasa capek dalam mencuci mesin bila ingin cetak full colour. Karena kalau kita runut dari atas, maka yang perlu dicuci adalah ketika akan pindah ke urutan tinta kedua dan keempat saja. Kalau misalkan digambarkan demikian

  1. CYAN kemudian cuci bersih
  2. MAGENTA tanpa cuci, hanya membersihkan bak tinta, atau cuci hanya untuk mengurangi kadar tinta, tidak harus bersih
  3. BLACK kemudian cuci hingga bersih
  4. YELLOW
Yellow diletakkan paling akhir juga mempunyai kemanfaatan sendiri, misalkan dalam satu hari ada cetakan hijau. Maka tinggal menambah Cyan, atau misalkan ada cetakan Merah tinggal menambah Magenta.

Itulah urutan warna yang biasa saya gunakan dalam cetak full colour untuk mesin offset toko. Mudah-mudahan bermanfaat, dan jangan pernah menyerah untuk belajar, karena saya pribadi juga dimulai dari NOL.

Lebih jelasnya dan hasil dari cetakan full colour mesin offset toko bisa saksikan video berikut 

Belum ada Komentar untuk "Cetak Full Colour Mesin Offset Toko CUKUP 2x CUCI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel